Selasa, 23 Juli 2024

Waspada Jebakan Pinjol

 

Penjelasan tentang pinjol (dok.pri)

Saya prihatin sekali dengan keberadaan pinjol (pinjaman online) yang telah mencekik sebagian dari masyarakat kita. Semakin banyak berita tentang orang-orang yang bunuh diri karena terlibat pinjol. Maka bagi saya harus ada tindakan tegas untuk mencegah dampak buruk pinjol. Karena itu, OJK selaku lembaga pengawas selayaknya mencermati hal ini dan mengambil langkah yang diperlukan.

Untuk yang belum tahu, Pinjol (pinjaman online) adalah fasilitas uang dari penyedia jasa keuangan yang beroperasi secara daring. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, dalam segi keuangan berkembang pula secara online.

Senin, 22 Juli lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Komisi XI DPR RI mengadakan sosialisasi tentang penyalahgunaan data pribadi dalam pinjaman online ilegal, bertempat di Taman Benyamin Suaeb, Jatinegara, Jakarta Timur.

Sosialisasi tersebut melibatkan para pegiat media, wartawan dan blogger. Saya dan teman-teman blogger juga berpartisipasi hadir dan menyimak penjelasan.

Acara ini dibuka dengan resmi oleh Nur Alim, selaku Ketua Asosiasi Portal Ibdonesia. Karena dari OJK berhalangan hadir, maka ditampilkan seorang akademisi dari Instutut Teknologi Tangerang Selatan, Agung Budi Prasetilo ST, M.Eng, Ph.D.

Agung dalam pembukaan presentasinya, menyebutkan pinjol bagaikan pisau memiliki sisi positif dan negatif. Sisi positifnya bila dimanfaatkan untuk kegiatan produktif. Negatifnya, bila digunakan untuk kegiatan konsumtif hingga tidak sanggup membayar pokok pinjaman plus bunganya.

Yang menarik dari data yang sempat dikumpulkannya, total pinjaman online yang semula 2 miliar Rupiah, kini sudah meningkat menjadi 10 miliar Rupiah.

Data lain yang menarik per Agustus, 2023 total uang pinjol seluruh Indonesia adalah 528 triliun Rupiah, dan jumlah peserta pinjol seluruh Indonesia adalah 119 juta peserta per Mei 2024.

Uniknya, yang terbanyak terlibat pinjol adalah guru, disusul korban PHK, ibu rumah tangga, karyawan, pelajar, tukang pangkas rambut, dan pengemudi ojek.

Mereka pada umumnya tidak memahami cara meminjam uang di lembaga keuangan, seperti bank atau koperasi. Dan pinjol kebanyakan digunakan untuk kebutuhan konsumtif, belum ditemukan data manfaat pinjol untuk berusaha.

Alasan lainnya, peminjam tidak memiliki akses ke lembaga keuangan, kurang sadar bahayanya pinjol, dan telah masuk daftar hitam Bank Indonesia (BI)

Menurut temuan Agung per 12 Juli 2024, ada 98 lembaga pinjol legal, dari sebelumnya sebanyak 102. Itu artinya terdapat oembaga pinjol yang ilegal

Apa beda lembaga pinjol legal dan ilegal?

Akan disebutkan lima ciri pinjol legal, dan lawanjya adalah yang ilegal. Ciri pinjol legal adalah:

1. Terbuka besarnya bunga dan cara pembayaran.

2. Menagih dengan santun

3. Ada syarat pinjaman, mengetahui kegunaan pinjaman untuk apa. Jadi diberlakukan credit scoring, apakah seseorang layak mendapat pinjaman atau tidak.

4. Terdapat cara pengaduan bila terjadi sengketa.

5. Tidak menyalah gunakan data pribadi peminjam.

Jadi yang dilakukan pinjol ilegal adalah:

1.Tidak terbuka besaran bunga dan cara pembayarannya.

2. Menagih secara brutal.dengan ancaman.atau teror.

3. Tidak memiliki syarat peminjaman, hanya berdasar KTP dan memiliki HP sudah bisa mendapatkan pinjaman dengan cepat.

4. Tidak memiliki tempat pengaduan.

5. Tidak ragu mengakses data pribadi peminjam.

Jadi, hati-hatilah pada lembaga pinjol yang minta phonebook, foto/ video di galeri HP, dan lokasi peminjam.

Karena mereka dapat melakukan rekayasa dosial (social engineering) seperti menyebarkan foto / video yang terdapat di galeri (misal, foto isteri saat tidak mengenakan jilbab), mengancam / meneror nama- nama yang terdapat pada phonebook, mempermalukan bahwa kita telah berhutang, atau merekayasa foto dengan Al secara tidak senonoh

Kenapa orang senang meminjam dari pinjol ilegal? Karena caranya mudah, cepat, segera memenuhi kebutuhan, dan tanpa agunan. Padahal peminjam tidak menyadari besarnya pinjaman yang diterima sering tidak utuh, terpotong untuk beaya-beaya yang tidak disebutkan sebelumnya.

Dan uniknya, UMKM sulit meminjam ke lembaga keuangan karena tidak memiliki pembukuan atau akuntasi, aerta tidak memiliki portofolio positif, akibatnya mudah terbujuk meminjam ke pinjol dengan nama pribadi.

OJK selain mengurusi pinjol, juga mengurusi fintech lending lainnya, seperti paylater, robot trading, dan crypto.

Selain itu cara merayunya sangat intens, masif, dan terstruktur, misalnya:

1. Melalui SMS, menginformasikan kita terpilih mendapat pinjaman.

2. Mengirim surat undangan, paket, atau hadiah, dan bila kita menekan tombol setuju, langsung pinjaman yang ditawarkan masuk ke rekening. Kita harus langsung melaporkan ke bank, bila tidak sengaja usng itu terpakai, otomatis kita dianggap menyetujui pinjaman.

3. Menjual minyak goreng seharga lima ribu Rupiah atau komoditas lain, sambil meminta pembeli berfoto dengan KTP. Tiba- tiba masuk uang ke dalam rekening kita.

4. Bekerja sama dengan HRD minta pelamar kerja berfoto dengan KTP, langsung menerima uang di rekening.

Pinjol menimbulkan dampak sosial yang buruk, diantaranya:

1. Bunuh diri atau membunuh satu keluarga.

2. Menceraikan suami atau isteri.

Bagaimana bila kita sudah terlanjur meminjam pada pinjol?

Lakukan langkah berikut ini:

1. Segera lunasi dan turup.

2. Jangan melunasi dengan cara meminjam dari pinjol lainnya.

3. Ajukan pengurangan bunga dan perpanjangan waktu pembayaran.

4. Hapus semua konunikasi yang dapat melibatkan kita dengan pinjol lain.

5. Bila mendapat ancaman, segera lapor polisi atau satgas OJK

Agung juga mengingatkan agar kita waspada dengan data pribadi, seperti:

1. Data identitas pribadi

2. Riwayat pendidikan

3. Riwayat kesehatan

4. Data di sosial media

5. Data di komputer ptibadi

6. Data kepegawaian


Adapun tips untuk menghindarkan kita dari rekayasa sosial adalah:

1. Hati-hati mengakses mobile banking dengan hotspot gratis (di hotel atau kafe).

2. Gunakan aplikasi yang terenkripsi.

3. Gunakan pasword yang kuat dan unik, jangan menggunakan tanggal lahir atau '123456'.

4. Rajin mengupdate software.

5. Hati-hati dengan phising, tampilan sama, tetapi nama situs berbeda. Misal bri.co.id menjadi bankri.co.id

Surat elektronik yang perlu dihubungi untuk pengaduan adalah sargaspasti@ojk.go.id atau nomor telepon 157 (OJK) atau 0812 10019202 (polisi).

Senin, 15 Juli 2024

Tes Kekuatan Kaki di Fun Walk Siliwangi Sehat

 

Saya di depan balai kota Bogor (dok.pri)

Hari Minggu 14 Juli kemarin, saya dan teman-teman mengikuti event jalan sehat yang diselenggarakan oleh Siliwangi Bolu Kukus. Rutenya mengelilingi kebun raya Bogor, yang biasanya saya lakukan dengan menggunakan angkot. Jadi saya tidak tahu persisnya berapa kilometer jarak yang kami tempuh.

Padahal beberapa bulan ini saya sedang mengalami masalah dengan kaki, terutama di bagian lutut. Ya, memang ini ada pengaruh dari usia dan kecelakaan kecil yang menimpaku. Saya tidak bisa naik tangga, tetapi masih bisa berjalan di tanah datar.

Pada mulanya saya ragu, apakah saya akan kuat untuk mengikuti fun walk ini. Kemudian saya berdoa pada Allah agar diberikan kemampuan untuk menjalaninya tanpa sesuatu yang membahayakan. Alhamdulillah doa saya dikabulkan. 

Bersama teman-teman di depan balai kota Bogor (dok.diahworo)

Start dimulai dari depan balai kota Bogor. Di situ pula saya bertemu dengan teman-teman. Sekitar pukul 06.30 pagi jalan kaki sehat mulai menyusuri trotoar di sepanjang pagar yang mengelilingi kebun raya Bogor. Tapi arahnya kebalikan dari jarum jam. 

Selain peserta fun walk, ada juga yang menggunakan sepeda. Bogor memang cukup nyaman untuk pesepeda. Toh, meskipun tanpa jalur sepeda, mereka tahu diri dengan melaju di pinggiran jalan. 

Di depan istana Bogor (dok.pri)

Kami melewati depan istana Bogor, tempat tinggal Presiden Jokowi. Meskipun di depan pagar, saya sempat juga mengabadikannya. Setelah itu lanjut berjalan lagi. Di jembatan sungai Ciliwung, berfoto bersama beberapa teman.  

Di jembatan sungai Ciliwung (dok.diahworo)

Perjalanan dilanjutkan. Sepanjang perjalanan banyak yang berjualan. Ada yang menjual topi, minuman mineral hingga jamu. Di depan tulisan Bogor Berlari kami sempat berhenti untuk istirahat.

Kami jalan lagi melewati rumah sakit PMI, kampus IPB hingga sampai tugu Kujang. Di dekat tugu Kujang, ada yang menawarkan kripik apel gratis. Tentu kami terima dengan senang hati. 

Depan tugu Kujang (dok.diahworo)

Ternyata waktu tempuh menyusuri jalan mengelilingi kebun raya Bogor hanya sekitar dua jam. Lumayan untuk melatih kaki yang sudah lemah ini. Finish ada di alun-alun Bogor, bukan di balai kota. Karena itu kami lalu ke alun-alun untuk melewati pintu finish.

Di gerbang finish (dok.diahworo)


Di tengah alun-alun terdapat panggung besar. Ada live music dan pidato dari owner Siliwangi Bolu Kukus yaitu Kang Rizal. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

Baru kali ini saya melihat kang Rizal. Dia adalah contoh dari generasi muda yang layak menjadi panutan. Kang Rizal energik, penuh inovasi dalam membangun bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama membuka lapangan pekerjaan. Kang Rizal juga tak lupa menggandeng UMKM setempat agar tumbuh bersama.

Kepedulian kang Rizal terlihat dengan banyaknya UMKM yang ikut serta membuka stand di sekeliling alun-alun Bogor. Aneka kuliner dan handy craft dijual di beberapa booth. Jadi kang Rizal sama sekali tidak merasa tersaingi oleh UMKM. Bolu kukus Siliwangi memberi kesempatan kepada masyarakat menengah ke bawah. 

Panggung semakin ramai dengan pengumuman door prize. Setelah sampai finish, peserta telah memasukkan kupon berisi nomor ke kotak yang disediakan untuk kemudian diundi. Hadiah cukup banyak, dari yang ringan seperti alat seterika, blender, sepeda listrik, mesin cuci, hingga hadiah utama sebuah sepeda motor.

Saya dan beberapa teman menanti dengan setia, siapa tahu dapat rezeki dari door prize. Dua orang teman blogger kecipratan hadiah. Sayangnya saya belum beruntung. Yah, bukan rezeki saya.

Program Siliwangi Sehat dari Siliwangi Bolu Kukus 

SILIWANGI SEHAT adalah salah satu agenda yang diadakan oleh Siliwangi Bolu Kukus berkolaborasi bersama SAKAR (Sahabat Kang Rizal), sesuai dengan falsafah Silih Asah Asih Asuh dengan fokus 4 bidang aktifitas Siliwangi Bolu Kukus, yaitu: Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi, dan Kebudayaan. Sekaligus turut serta memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542.

SILIWANGI SEHAT  dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2024 di Alun-alun Kota Bogor dengan rangkaian acara: jalan sehat, fun bike, senam sehat, bazar produk kreatif UMKM, donor darah & cek kesehatan bekerja sama dengan PMI, pagelaran singkat budaya seni tari jaipong & seni musik angklung, promo menarik selama acara, door prize, dan lain sebagainya.

Menunggu door prize (dok.bang Aswi)


Tujuan Kegiatan :

* Menanamkan akan pentingnya kesehatan.

* Menanamkan pentingnya bersilaturahmi.

* Pentingnya dalam mendukung UMKM.

* Turut melestarikan budaya nusantara.

1. Pendidikan

Menjadi karyawan Siliwangi tidak ada syarat pendidikan/ijazah, tetapi setelah menjadi karyawan, wajib menyelesaikan Paket A, B, C, bahkan sampai ada yang lanjut kuliah

2. Kesehatan

Selama 2 tahun ini, karyawan sudah melakukan aktivitas jalan/lari minimal sekali seminggu.

3. Kebudayaan

Siliwangi terus membudayakan khas daerah masing², misal cara berpakaian, tampilan  rak bambu, dan selalu mengundang budayawan/seniman Jabar saat event.

4. Pemberdayaan UMKM

Siliwangi membuka para pelaku UMKM untuk ikut berjualan di Store.

Foto bersama Kang Rizal, owner Siliwangi Bolu Kukus (dok.dza)